Kamis, 25 Juni 2015

Tips-Tips Menjadi Seorang Mahasiswa



Mahasiswa. Sebuah gelar yang disematkan kepada seseorang yang menempuh Jalur pendidikan di Perguruan Tinggi. Menjadi mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang, karena hanya sebagian kecil saja masyarakat di Indonesia yang berkesempatan mengenyang Pendidikan Tinggi.
Mahasiswa merupakan pemuda yang seutuhnya, bukan lagi mengenakan pakaian putih abu-abu. Mereka bebas memilih menjadi sebersih-bersihnya Putih, atau sekelam-kelamnya hitam. Seorang mahasiswa identik dengan seabreg waktu luang mereka, karena kehidupan di Kampus tidak seperti di SMA yang selalu berangkat pagi dan pulang siang.
Berikut beberapa Tips menjadi seorang Mahasiswa yang sukses :

 
1.       Rajinlah Membaca dan Menulis 
Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, disamping mampu mengusir kejenuhan, dengan membaca kita bisa meningkatkan Kapasitas pengetahuan kita. Bacalah apa saja yang bisa memberikan manfaat. Bisa Novel, Majalah, Sirah, Buku Kuliah, dan buku yang bermanfaat lainnya.
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (Q.S. Al-Alaq:1).
Ali bin Abi Tholib mengatakan Ikatlah ilmu dengan Mencatatnya. Kebiasaan menulis merupakan kebiasaan yang sangat luar biasa, sangat sedikit orang yang memiliki hobby menulis. Dengan menulis kita bisa mengekspresikan perasaan kita yang mungkin tak bisa kita ungkapkan lewat kata-kata. Kita akan tersenyum sendiri ketika melihat catatan kecil kita di waktu silam, dan tulisanlah yang mengingatkannya. Cobalah, kadang suatu kebiasaan itu akan muncul dengan suatu paksaan.
2.       Buatlah Jadwal Kegiatan
Karena mahasiswa terkenal dengan banyak waktu luang yang dimiliki, Jadwal menjadi senjata paling ampuh untuk menata kegiatan agar tidak banyak waktu yang terbuang. Buatlah jadwal keseharian, mulai dari bangun tidur sampai nanti tidur lagi. Dengan begitu, akan menemukan waktu luang dimana dapat memanfaatkannya dengan baik. Dengan jadwal kita juga bisa menentukan waktu yang tepat untuk refreshing, Olahraga, Bekerja, dan Belajar.
Mari memulai hidup teratur.
3.       Pilihlah Lingkungan yang baik
Lingkungan merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keseharian kita. Lingkungan yang baik akan memberikan masukan yang positif pula untuk kehidupan kita. Pilihlah lingkungan yang baik mulai dari Kos/Kontrakan maupun Lingkungan di Kampus.
Bukan berarti kita membeda-bedakan dalam berteman, tapi lihatlah Manfaat dan Mudhorotnya ketika kita bergabung dalam suatu Lingkungan. InsyaAllah banyak sekali lingkungan yang baik yang siap menerima Kita, tinggal bagaimana kita mengalahkan GENGSI dan EGO kita untuk kebaikan kita sendiri.
4.       Milikilah Karakter
Mahasiswa harus berkarakter. Sebagaimana fitrah manusia yang tercipta sebagai makhluk yang unik satu sama lain, sebagai seorang mahasiswa harus memiliki Karakter sendiri. Jangan mudah terhasut oleh rayuan Gemerlap dunia Remaja yang kadang memberikan efek Negatif kepada Kita. Beranilah Berkata TIDAK. Kadang kita masih ragu untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang kurang bermanfaat bagi Kita. Jangan ragu untuk Menjadi Orang yang Baik.
5.       Milikilah Inspirator
Inspirator Sejati adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau memberikan contoh yang sangat baik untuk ditauladani. Karena beliau merupakan suritauladan bagi seluruh umat. Namun tidak ada salahnya ketika kita memiliki seorang inspirator yang mampu menambah semangat kita. Sekali lagi, hanya untuk menambah semangat kita dalam meraih Cita-Cita kita. Misalnya, kita terinspirasi menjadi seorang penulis karena Habbiburahman, atau kita terinspirasi menjadi seorang motivator seperti Mario Teguh. Dengan memiliki inspirator, kita dapat lebih bersemangat untuk Berkarya.
6.       Buatlah Target-Target dan Mimpi
Seorang mahasiswa wajib memiliki mimpi, tanpa mimpi kita tak akan pernah memiliki semangat untuk hidup.
Jangan pernah menghiraukan kata-kata orang yang meragukan mimpi kita, karena sesungguhnya itu merupakan bukti bahwa mimpi kita adalah mimpi yang luar biasa.
Setiap orang berhak memiliki mimpi, namun hanya orang-orang yang optimis dan sungguh-sungguhlah yang berhak meraih mimpi tersebut. Hanya orang-orang besar yang berani Bermimpi Besar!
  Just Do the Best and Let Allah take the Rest!
sumber :http://yogautama23.blogspot.com/2012/09/tips-tips-menjadi-seorang-mahasiswa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar